PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR

PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN
DI KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR

A. Penjumlahan Pecahan Biasa
Penjumlahan pecahan biasa dipelajari siswa di kelas IV semester 2. Guru
dapat membimbing kelompok siswa untuk memperagakan dengan
berbagai cara, misalnya menggunakan gambar bangun datar yang diarsir, garis bilangan, blok pecahan, atau kertas yang dilipat. Peragaan
ini sangat penting bagi siswa untuk mengkongkretkan hasil
penjumlahan yang didapat. Setelah siswa memperoleh pengalaman yang
cukup dari peragaan, maka guru dapat memberikan kegiatan yaitu
mengisi lembar kerja siswa (LKS) untuk mencari kesimpulan secara
umum. Secara garis besar praktek kelompok yang dilakukan di kelas
terangkum sebagai berikut.
1. Penjumlahan pecahan berpenyebut sama.
Materi prasyarat (ada di Bab II) untuk mempelajari penjumlahan
pecahan berpenyebut sama ini adalah: pengertian pecahan,
peragaan-peragaan konsep pecahan, dan arti penjumlahan
(penggabungan dari beberapa bagian).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: